Ketahui 5 Manfaat Penggunaan Aplikasi UMKM Android untuk Meningkatkan Bisnis

aplikasi umkm android

Indonesia saat ini memasuki tahap bonus demografi yang harus dimanfaatkan dengan baik. Di Indonesia yang berpenduduk kurang lebih 250 juta jiwa, kaum muda merupakan lebih dari 25% dari total populasi, ditambah 59,2 juta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menyumbang 61,41% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Warga Negara Indonesia yang merupakan dua pilar utama kekuatan ekonomi Indonesia.

Namun dari jumlah tersebut, 90% unit UMKM masih beroperasi secara offline, meskipun data Januari 2016 menunjukkan potensi infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mencakup sekitar 90% populasi, dengan penetrasi seluler melebihi 126% Proporsi pengguna internet mencapai 51,8% dari total penduduk Indonesia.

Oleh karena itu, era ekonomi digital di Indonesia perlu mengembangkan strategi dan inovasi untuk usaha kecil, menengah dan mikro. Salah satunya melalui aplikasi umkm android, aplikasi pemasaran produk UMKM berbasis Android, sebagai langkah maju untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.

5 Manfaat Menggunakan Aplikasi UMKM Android

1. Memberi kesan elegan dan modern

Dalam bisnis restoran dan kuliner yang tergolong jenis bisnis modern, pentingnya pencitraan terletak pada mereka yang menerapkan sistem komputerisasi pada bisnisnya.

Selain untuk meningkatkan citra perusahaan, penggunaan teknologi seperti mesin POS dan perangkat lunak atau point of sale di bisnis restoran berukuran besar dan UMKM merupakan indikator utama dari apa yang dikenal sebagai bisnis modern.

Bahkan saat ini, sistem Android berjalan pada software POS dengan berbagai fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing bisnis.

2. Efisiensi kinerja berbasis CLOUD

Sistem penyimpanan cloud atau cloud-based storage kini semakin banyak muncul di kategori bisnis modern. Selain mudah digunakan, sistem penyimpanan berbasis cloud ini menawarkan berbagai keunggulan yang dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh para pelaku bisnis UMKM.

Harga yang murah, kemudahan perawatan dan minimnya sumber daya manusia untuk proses perawatannya tentu sangat menggiurkan dan membantu para pelaku usaha UMKM untuk menyediakan anggaran keuangan untuk proses penyimpanan data tersebut.

3. Informasi yang disajikan jelas, cepat dan akurat

Informasi juga dapat disajikan secara jelas kepada pelanggan dengan menggunakan aplikasi umkm android yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang dikelola khususnya di restoran. Misalnya pada software e-Menu menyajikan tampilan menu yang jelas dan informasi terkait di dalamnya.

Software e-Menu yang berjalan di platform Android juga memberikan kemudahan untuk setiap penggunaan. Dengan tampilan grafis yang cantik dan navigasi yang mudah digunakan, aplikasi eMenu ini dapat digunakan untuk bisnis restoran skala UMKM dan skala besar.

4. Maksimalkan Manajemen Layanan Pelanggan Menggunakan Teknologi CRM

Teknologi  Customer Relationship Manager atau biasa disingkat CRM, digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengontrol aktivitas pra-penjualan dan pasca-penjualan dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Dalam bisnis restoran, CRM ini dapat digunakan untuk mengelola hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan. Informasi dan data pelanggan dan prospek, disimpan untuk setiap transaksi dan aktivitas yang terkait dengan bisnis restoran yang bersangkutan, kemudian berdasarkan data yang ada untuk keperluan analisis dan pemasaran yang lebih detail, dan secara otomatis disediakan oleh sistem CRM.

Tentunya teknologi yang juga berjalan di platform Android ini sangat membantu para pelaku bisnis F&B skala UMKM untuk membantu memetakan lead berdasarkan kebutuhan mereka.

5. Akses mudah kapan saja, di mana saja

Kemudahan akses online dan offline merupakan keunggulan yang tidak dapat diabaikan dengan menggunakan teknologi Android berupa software yang kompatibel dengan bisnis restoran yang diselenggarakan.

Dengan cara ini, efisiensi kinerja juga dapat ditingkatkan melalui kontrol bisnis yang lebih mudah dan data yang dikumpulkan dari mana saja dan perangkat apa pun selama proses transaksi.

Bisnis F&B dengan ukuran UMKM dapat memanfaatkan kemudahan tersebut agar dapat berkembang dengan baik di masa mendatang.

Setelah mengetahui banyaknya keuntungan dan manfaat yang didapatkan setelah menggunakan aplikasi umkm android, Anda dapat memulainya dengan mendaftar ke layanan GoBiz. Dengan menggunakan aplikasi super apps GoBiz, Anda dapat mengelola dan mengembangkan bisnis secara lebih efisien.

You May Also Like

About the Author: admin